Home Berita Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMP Istiqomah Sambas Boarding School

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMP Istiqomah Sambas Boarding School

317
0

Istilah “Maulid” bagi kalangan muslim Indonesia sudahlah tidak asing lagi. Secara etimologi istilah “Maulid” berasal dari bahasa arab walada-yalidu-wiladan yang berarti kelahiran. Kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu pada tanggal 12 Robi’ul awal atau bertepatan dengan 29 Agustus 580 Masehi atau sering di sebut juga tahun Gajah. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat islam setelah nabi Muhammad SAW wafat. Perayaan Maulid Nabi pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang Gubernur Irbil di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193).

Secara substansi, peringatan ini adalah bentuk kegembiraan dan penghormatan kita kepada beliau Rasulullah Muhammad SAW. Pada hari Jumat, 07 Oktober 2022 SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Boarding School meyelenggarakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Santri dan seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Boarding School, kegiatan ini di awali dengan sholat duha berjamaah. Acara ini pertama dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Istiqomah Sambas Purbaligga Boarding School Ustadz Muhammad Nur Rohman, S.Pd.I, kemudian dilanjutkan yang kedua khotmil qur’an yang di pimpin oleh Ananda Raissa Ratnadewati dan Ananda Kayyisa Nuva Ikhwandani dari kelas 9, ketiga lantunan sholawat sebagai bentuk penghormatan kita kepada beliau nabi Muhammad SAW yang di lantunkan oleh Ananda Ellsa Natasya dan Ananda Haninda dari kelas 9, keempat Mau’idul Khasanah yang di bawakan oleh Daiyah kembar dari SMP Istiqomah Sambas Purbalingga Boarding School Putri yang bernama Assafa Zuhal dan Assifa Zuhal, mereka adalah santri yang sekarang sedang menduduki bangku kelas 8.

Dalam tausiyah yang bertema “Menjadi Pribadi yang Taqwa dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW”, tersebut menjelaskan bahwa manusia menjadi mulia bukan karena harta yang mereka miliki, bukan karena jabatan yang mereka miliki, bukan pula rupa cantik atau ganteng, tetapi mereka mulia karena kemulian akhlaknya. Walaupun kita tidak punya harta, tidak punya jabatan, selama kita beriman dan mempunyai akhlak yang mulia seperti yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad SAW, kita akan di hargai orang di manapun kita berada.

Acara Maulid Nabi Muhammad di SMP Iistiqomah Sambas Boarding School Foto 1

Acara Maulid Nabi Muhammad di SMP Iistiqomah Sambas Boarding School Foto 2

Purbalingga, 11 Oktober 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here